Kegiatan BFKSI (Bantuan Fasilitas Kerjasama Internasional) Double degree PS-PSL IPB 2018

Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan IPB (PS-PSL) pada tahun 2018 memperoleh Hibah dari Kemeristekdikti yaitu BFKSI (Bantuan Fasilitas Kerjasama Internasional) untuk kegiatan program Double Degree (DD) antara PS-PSL, Sekolah Pascasarjana IPB dengan Department & Research Division of International Environmental and Agricultural Science (IEAS), Graduate School of AgricultureTokyo University of Agriculture and Technology (東京農工大学, Tōkyo Nōgyō Daigaku)TUAT. Program DD telah dimulai pada TA 2017 /2018. Kegiatan BFKSI terkait DD antara lain adalah:

  1. Implementasi MoU dan MoA antara IPB-TUAT yang telah ditandatangai
  2. Penyusunan Naskah Akademik Penyelenggaraan Program Kerjasama Pendidikan antara PS-PSL IPB dengan Departemen IEAS TUAT
  3. Penysuunan materi promosi pendidikan PS- PSL IPB berupa Leaflet PS-PSL IPB dan Booklet program magister PS-PSL IPB
  4. Pelengakpan dokumen kurikulum program magister PS-PSL IPB yang dilengkapi dengan Silabus dari setiap MK dalam bahasa Inggris. Dokumen Silabus ini telah dipresentasikan oleh setiap koordinator mata kuliah dalam Lokakarya Akademik yang dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2018.
  5. Monitoring dan evaluasi kemajuan studi mahasiswa DD dan promosi serta diskusi pengelola program studi dengan mahasiswa dan mitra di TUAT, Jepang pada kunjungan tanggal 9-12 Oktober 2018. Pada kunjungan ini juga berkesemapatan bertemu dengan Atdikbud Jepang Dr. Alinda Medrial Zain, dan melakukan kunjungan ke Ibaraki University (IU) untuk melaksanakan monev mahasiswa DD PS-PSL IPB – IU dan promosi program studi.

Seminar hasil kegiatan BFKSI Kemeristekdikti telah dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2018 di Hotel Bandara, Jakarta

Tags

Leave a comment