PSL-IPB Gelar The 2nd ISENREM 2021, 4-5 Agustus 2021

The International Seminar on Natural Resources and Environmental Management memasuki tahun kedua pelaksanaannya pada tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual pada tanggal 4-5 Agustus 2021. Kegiatan seminar berskala internasional yang diusung oleh program studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) IPB University ini bekerja sama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB University. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya IPB University dalam meningkatkan publikasi internasional.

Acara yang dilaksanakan secara daring ini berhasil menarik ratusan peserta yang melakukan presentasi paper dengan total 126 judul. Sub-tema dalam presentasi paper dibagi ke dalam empat kategori, yaitu perubahan lingkungan dan manajemen bencana, kebijakan dan diplomasi lingkungan, sistem manajemen lingkungan, serta perencanaan lingkungan dan geospasial. Para peserta yang mempresentasikan paper mereka kemudian dibagi ke dalam empat sesi paralel dengan moderator yang berasal dari kalangan dosen IPB University. Sebagai salah satu bentuk apresiasi bagi peserta pemrasaran terbaik, maka The 2nd ISENREM 2021 juga mengadakan nominasi Best Paper dan Best Oral Presentation.

Mengingat keragaman sub-tema dalam The 2nd ISENREM 2021, maka penyelenggara juga turut mengundang tokoh masyarakat di bidang terkait, yaitu Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Bambang Hendroyono, Kepala Badan Informasi Geospasial Prof. Aris Marfai, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana periode ketiga, yaitu Letnan Jenderal (Purn) TNI Doni Monardo. Tidak sampai disini, penyelenggara juga turut mengundang akademisi dari dalam maupun luar negeri, yaitu Prof. Zeljko Bacic (University of Zagreb, Kroasia), Prof. Tasuku Kato (Tokyo University of Agriculture and Technology, Jepang), Dr. Jacob Phelps (University of Lancaster, Britania Raya), Prof. Rizaldi Boer (IPB University, Indonesia), dan Prof. Herry Purnomo (IPB University, Indonesia).

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh peserta yang melakukan presentasi, namun juga oleh peserta dari kalangan mahasiswa dan umum yang hadir melalui aplikasi Zoom Meeting maupun siaran langsung Youtube. Tamu yang hadir juga berasal dari kalangan profesi, seperti akademisi, pejabat pemerintah, dan media. Di dalam pelaksanaannya, kelancaran acara The 2nd ISENREM 2021 juga tidak lepas dari dukungan Dekan Sekolah Pascasarjana, Ketua Program Studi Magister dan Doktoral Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, dosen, peneliti, dan mahasiswa IPB University.

Dr. Zaenal Abidin selaku ketua pelaksana The 2nd ISENREM 2021 menyampaikan apresiasinya melalui pidato singkat, bahwa meskipun ini kali pertama ISENREM diselenggarakan secara virtual, namun tidak menyurutkan antusiasme para peserta, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini tidak lepas dari peran Sekolah Pascasarjana IPB University, Direktorat Program Internasional IPB University, PPLH IPB University, Kementerian LHK, dan BIG dalam mendukung kesuksesan acara.

Tema utama dari The 2nd ISENREM 2021, yaitu “Towards a New Era of Natural Resources and Environmental Management” menunjukkan keseriusan dan perhatian besar program studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan IPB University dalam menghadapi isu dan permasalahan di bidang lingkungan dan sumberdaya alam melalui penyediaan forum besar sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan, khususnya dalam disiplin ilmu alam. Hal ini turut didukung oleh pernyataan Rektor IPB University sebagai pembicara kehormatan dalam The 2nd ISENREM 2021 yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Kerjasama, dan Hubungan Alumni, yaitu Prof. Dodik Ridho Nurrochmat- bahwa di dalam menghadapi era baru pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan mendorong kita menjadi lebih adaptif dan tangkas dalam menyikapi berbagai ketidakpastian.

https://isenrem.ipb.ac.id/