PSL-IPB mengikuti kegiatan studi banding dan capacity building ke Semarang & Solo

Pada tanggal 3-6 November 2022, PSL-IPB yang diwakili oleh Prof. Widiatmaka, Dr. Syartinilia, dan dua tim sekretariat yaitu Subur dan Herlin mengikuti kegiatan studi banding dan capacity building yang dilakukan oleh Sekolah Pasca Sarjana IPB University. Bersama dalam kegiatan ini tim manajemen Sekolah Pasca Sarjana dan juga perwakilan dari program studi multi disiplin lainnya di Sekolah Pasca Sarjana. Total peserta yang ikut dalam kegiatan ini adalah 47 orang.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan kunjungan ke Sekolah Pasca Sarjana Universitas Diponegoro yang sekaligus dilakukan penandatanganan MoU kegiatan kerjasama dan penelitian secara langsung oleh Dekan Sekolah Pasca Sarjana IPB, Prof. Dr. Anas Miftah Fauzi dan Dekan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Dr. R.B. Sularto. Dalam kegiatan penandatanganan tersebut dari Sekolah Pasca Sarjana IPB turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik, Prof. Dr. Agus Buono dan Wakil Dekan Bidang Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan, Prof. Dr. Titi Candra Sunarti serta perwakilan dari program studi multidisiplin. Sementara itu dari Sekolah Pasca Sarjana Universitas Diponegoro turut dihadiri oleh Wakil Dekan Sumberdaya dan Inovasi, Prof. Dr. Soeprobowati serta perwakilan dari program studi multidisipilin.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan diskusi dan sharing tentang pelaksanaan kegiatan akademik dan penelitian yang dilakukan di kedua universitas. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Diponegoro memilik enam program studi Multidisiplin yang terdiri dari empat program studi magister yaitu Magister Ilmu Lingkungan, Magister Sistem Informasi, Magister Epidemologi, Magister Energi serta dua program studi doktoral yaitu Doktor Ilmu Lingkungan dan Doktor Sistem Informasi.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan kunjungan ke beberapa destinasi wisata sejarah yang ada di Semarang dan Solo, seperti ke Klenteng Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Kota Tua, Keraton Surakarta, dan Kampung Batik Laweyan. Tidak lupa mengunjungi destinasi wisata alam yaitu Umbul Sido Mukti. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini akan menambah jejaring kerjasama Sekolah Pasca Sarjana IPB serta menjadi sarana mempererat silaturahmi dan memberikan penyegaran kepada seluruh staf pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di Sekolah Pasca Sarjana IPB University.