Program Studi Doktor (S3): Evaluasi perkuliahan semester ganjil dan persiapan semester genap 2022/2023

Kegiatan evaluasi perkuliahan semester ganjil dan persiapan semester genap program studi (PS) Doktor (S3) diselenggarakan pada hari Selasa, 17 Januari 2022 secara hybrid online dan offline di Ruang Kuliah A (Situ Cikaret), Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Perkuliahan semester genap sendiri akan dimulai hari Senin, 23 Januari 2023. Hadir secara offline sebanyak 9 orang dosen dan online sebanyak 17 orang dosen.

Sebelum rapat evaluasi dipaparkan beberapa prestasi kinerja PS S3 PSL antara lain keberhasilan memperoleh akreditasi tertinggi “Unggul” dari BAN PT melalaui penyiapan dokumen ISK (Instrumen Suplemen Konversi). Sampai dengan tahun 2022 hanya 6 PS di IPB yang memperoleh capaian ini, dan PS S3 PSL salah satunya. Selain itu dilaporkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan al. pemyelenggaraan Seminar Internasional UN4DRR yang bekerjasama dengan konsorsium kerjasama internasional 9 negara pada tanggal 21 Juli 2022 (https://un4drr-symposium.id/) yang berhasil menerbitkan prosiding internasional terindeks scopus; Kuliah Umum terintegrasi dengan MK dari pembicara tamu kolega scientist LN; fieldtip MK yang pada tahun 2022 dilakukan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat; serta keterlibatan dalam proses penyiapan dokumen GSESS (Graduate School of Environmental dan Sustainability Sciences), SPs IPB

Evaluasi perkuliahan melaporkan bahwa pemasukan nilai dari dosen MK seluruhnya tepat waktu, EPBM dosen diatas nilai 3, dan seluruh perkuliahan dapat terlaksana dengan baik. Sesuai dengan kebijakan IPB maka pada hampir semua MK mrlakuan sebagian penyelenggaraan kuliah offline (di ruang Mawar) dan sisanya diselnggrakan secara online.

Pada persiapan persiapan perkuliahan semeseter genap disampaikan jadwal kuliah serta permohonan pengisian dokumen rencana tim pengajar MK. Selain itu disepkati bahwa perkuliahan akan tetapa diselnggarakan secara hybrid yatiu sebagian tatap muka dan sisanya dengan online yang direncanakan.

Pada diskusi mengemuka pertanyaan terkait GSESS dari Prof. Alikodra, Dr. Badriyah, Prof. Machfud, Dr. Soryo Adiwobowo; serta disksi tentang penyiapan mahasiswa program by research dan topik khusus.