Program Magister (S2)

Visi

Menjadi program studi strata 2 (S2) yang terkemuka di kawasan tropika dalam menghasilkan SDM dan mengembangkan ilmu dan teknologi serta seni (IPTEKS) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Pascasarjana strata 2 (S2) di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan secara professional hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Menyelenggarakan dan mempelopori kegiatan penelitian (dasar dan terapan) dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta seni di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan secara terintegrasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Menjadikan  “trend   setter”   pengembangan   Program   Pendidikan   Magister   (S2)   PSL Pascasarjana di Indonesia dan kawasan tropika.

Tujuan

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia berkualifikasi Magister yang handal dengan kualitas intelektual dan moral yang tinggi serta menguasai dan mampu mengembangkan IPTEKS di bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan
  2. Menghasilkan dan mengembangkan berbagai model (pemikirian), metode serta teknik tentang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan melalui pendekataan inter atau multidisipliner

LO1 : Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni di bidang PSDAL dan praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji dengan menggunakan pendekatan sistem (holistik, terpadu dan multi/inter-disiplin) yang meliputi dimensi ekologi, sosial budaya, ekonomi, kelembagaan, dan teknologi dengan mengikuti perkembangan terkini

LO2 : Mampu mengidentifikasi, menjelaskan, mensintesis, dan merumuskan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atauseni PSDAL dalam pengelolaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian) pembangunan berikut permasalahannya.

LO3 :  Mampu  mengaplikasikan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi/inter – disiplin dalam PSDAL berikut pemecahan

LO4 :  Mampu mencari solusi dengan menggunakan pendekatan sistem secara holistik, terpadu dan multi /inter-disiplin) dalam PSDAL berikut pemecahan permasalahannya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

LO5  : Mampu  mengelola  riset,  inovasi,  dan  pengembangan  ilmu  pengatahuan,  teknologi, dan/atau seni PSDAL yang teruji dengan pendekatan multi/inter-disiplin yang bermanfaat bagi  kemaslahatan  masyarakat  dan  keilmuan  serta  mampu  mendapatkan  pengakuan nasional, regional dan/atau internasional.

 

Konsentrasi Minat Studi

  1. Diplomasi Lingkungan
  2. Manajemen Perubahan Lingkungan, Pencemaran, dan Bencana
  3. Agro-maritim dan Konsumsi Berkelanjutan