Peringatan Hari Bumi dan 45 tahun PSL-IPB

Bertepatan dengan peringatan Hari Bumi pada tanggal 22 April 2021, Prodi PSL melakukan kegiatan dwi tunggal yaitu penanaman pohon “Butea monosperma” di pagi hari dan webinar dengan tema “Bencana Alam dan Resiliensi Komunitas” pada siang harinya.

Pada kegiatan penanaman pohon, telah dilakukan penanaman 3 bibit pohon Butea monosperma di halaman Kampus IPB Baranang Siang. Berdasarkan buku Atlas Kebun Pepohonan dan Tetumbuhan di Jawa yang terbit tahun 1913. Butea monosperma itu selain dikenal dengan nama lokal Ploso, Sekar Jalak, Ploso Abang, Ploso Kuning. Pada kegiatan tersebut selain dihadiri oleh pengelola Prodi PSL, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, rekan-rekan dari Konsil Kota Pusaka Bogor, mahasiswa PSL (ecologica), perwakilan IPB (Dr. Erizal), dan rekan-rekan media.

Kegiatan webinar ini diinisiasi oleh Himpunan Alumni PSL-IPB bersama Forum Mahasiswa Pascasarjana PSL-IPB (Ecologica). Pada kegiatan webinar tersebut dibuka oleh Dr. Soeryo Adi Wibowo selaku Ketua Himpunan Alumni PSL dan Ketua Program Magister (Prof. Hadi Susilo Arifin) dan Ketua Program Doktor (Prof. Widiatmaka) sebagai penanggap. Webinar ini menghadirkan tiga nara sumber yaitu 1). Dr. Yonvitner, S.Pi, M .Si (Pakar Bencana IPB University), 2). Dr. Ir. Agus Wibowo, MSc. (Direktur Strategi Penanggulangan Bencana BNPB), 3). Ibu Rukmini Toheke (Sekretaris Lembaga Adat Ngata Toro, Ngata Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi). Perserta yang hadir dalam kegiatan webinar ini kurang lebih 100 orang yang sebagian besar merupakan alumni PSL, mahasiswa, dan juga pemerhati lingkungan.