Prodi Magister PSL inisiasi program double degree dengan Kyoto University, Japan

Sebagai bentuk meningkatkan internasionalisasi Program Studi Magister PSL-IPB, maka telah dilakukan penjajakan untuk inisiasi program double degree dengan Graduate School of Global Environmental Studies (GSGES) dan Graduate School of Agriculture, Kyoto University, Japan. Program Double Degree dengan Kyoto University sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2016 yaitu dengan Fakultas Pertanian IPB khususnya Program Studi Ilmu Perencanaan Wilayah dan Program Studi Arsitektur Lanskap.

Melihat peluang tersebut, maka Prodi Magister PSL Ketua Program Studi Magister PSL Prof. Dr. Ir. Hadi Susilo Arifin, MS dan Sekretaris Program Studi Magister PSL Dr. Syartinilia, SP, M.Si ikut menginisiasi program Double Degree tersebut dengan melakukan kunjungan bersama dengan tim kerjasama Fakultas Pertanian IPB dan Kyoto University yaitu Prof. Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr, Dr. Ir. Nurhayati, M.Sc, dan Dr. Andrea Emma Pravitasari, SP, M.Si. Dalam kunjungan tersebut juga bersama dengan Wakil Rektor IPB Bidang Sumberdaya, Perencanaan, dan Keuangan Prof. Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc Agr., Dekan Sekolah Pasca Sarjana IPB Prof. Dr. Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng dan Direktor Program Internasional IPB Prof. Dr. Ir. Iskandar Z Siregar, MForSc. Kunjungan tersebut dilakukan pada tanggal 29 November – 1 Desember 2022.

Selain membicarakan tentang inisiasi program double degree, juga dilakukan diskusi terkait peluang kerjasama riset IPB dan juga PSL dalam pertemuan dengan Dekan dari Graduate School of Global Environmental Studies (GSGES), Prof. Katsumi Takeshi dan Graduate School of Agriculture, Prof. Shigeki Sawayama. Prodi S2 PSL juga mempromosikan program Summer Course dan juga International Symposium on Natural Resources and Environmental Management (3rd ISENREM) tahun 2023 yang akan dilakukan. Selain itu, tim juga berkunjung ke Centre for Southeast Asian Studies (CSEAS), Kyoto University dan melakukan diskusi dengan peneliti yang memiliki penelitian di Indonesia. Acara diskusi tersebut dipimpin oleh Direktur CSEAS yaitu Prof. Fumiharu Mieno, Ph.D.

Pada hari terakhir, dilakukan kunjungan ke Osaka University untuk memperkuat dan memperluas kerjasama pendidikan dan penelitian. Kunjungan di Osaka University dilakukan ke Graduate School of Engineering yaitu ke International Centre for Biotechnology, Centre for Future Innovation, dan Department of Biotechnology.

Foto bersama dengan Vice Presiden Kyoto University