ECOLOGICA FOR SOCIETY DAN BUKA PUASA BERSAMA (Jumat, 31 Maret 2023)

Forum Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor (PSL IPB) atau yang biasa disebut ECOLOGICA baru saja menyelenggarakan kegiatan kemanusian berupa santunan terhadap anak yatim/piatu dan buka puasa bersama pada Jumat, 31 Maret 2023.

Santunan dilakukan terhadap 26 anak yatim di Panti Asuhan Yatim Piatu Yayasan Pesantren Al-Atiqiyyah.  Santunan merupakan sumbangsih dari Himpunan Alumni PSL IPB, Dosen dan tenaga pengajar PSL IPB, serta mahasiswa Magister dan Doktoral PSL IPB. Periode donasi dalam satu minggu yang dilakukan berhasil menyalurkan alat sholat, alat tulis, sembako, serta uang tunai kepada pihak panti asuhan.

Pada pukul 16.00 Bapak Ustadz H. Cece Misbakhudin selaku perwalikan panti menerima kunjungan dan santunan Ecologica secara resmi. Cece memberikan ceramah dalam kunjungan tersebut, ramadhan merupakan saat tepat untuk ibadah dan mengharapkan pengampunan dosa ungkapnya. Orang yang beriman yang menjalankan ibadah puasa, karena iman adalah hal yang diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan dibuktikan dengan perbuatan. Semoga ibadah puasa kita semua terhindar dari hal hal yang membatalkan puasa, pungkas Cece.

Kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama PSL di ruang Situ Cikaret dan Situ Cibuntu. Prof. Dr. Ir. Widiatmaka, DAA dan Prof Lina Karlinasari selaku ketua dan sekretaris program studi doktoral hadir dalam buka puasa bersama 44 orang Mhaiswa dan undangan yang hadir  dalam kegiatan buka puasa bersama. Acara buka puasa diawali dengan pembukaan dari pada pukul 16.15.

Septa Riadi selaku ketua pelaksana menyatakan kegiatan ini dilakukan dengan penuh keoptimisan meskipun dengan persiapan yang tidak terlalu panjang. Kegiatan dilakukan dengan bahu membahu antara mahasiswa doktoral, magister dan juga alumni. Ibu Pipin Novianti Sadikin mewakili himpunan alumni menyambut hangat kegiatan yang terjalin antara Ecologica dan himpunan alumni. Dalam sambutan dan arahannya,  Prof Widiatmaka selaku Ka prodi program Doktor PSL memberikan saran untuk mendirikan  crisis center sebagai sarana membantu mahaiswa yang kesulitan secara keungan, hal ini dikarenakan keberhasilan dan antusias donator dalam kegiatan bakti sosial ini. kegiatan yang awalnya ahanya menargetkan sumbangan sebesar Rp 3.6 Juta ini yang dapat mengumpulkan dana melebihi target yaitu sebesar Rp 8.7 juta rupiah hanya dalam sepekan. Melanjutkan sambutannya, Prof widi menyampaikan bahwa Sedekah dibulan puasa dan hari jumat memiliki keutamaan dan pahala yang berlipat ungkapnya. Keakraban multi strata seperti ini perlu terus dilaksanakan tambahnya. Rangkaian buka puasa dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran oleh Islahul Fikri serta hiburan dari ecoakustik dari mahasiswa aktif PSL. Keluaran (output) kegiatan santunan dan buka puasa yang mengambil tema “Rekatkan Ukhuwah Meraih Berkah di Bulan yang Penuh Hikmah” adalah berbagi kebaikan dan kebermanfaatan bagi sesama dan adanya kebersamaan untuk seluruh Mahasiswa/i PSL Sekolah Pascasarjana dan Dosen PSL Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.