Technical training dan Monitoring kegiatan UN4DRR (2-6 Mei 2023, di Brussels, Belgia)

Technical training dan monitoring terakhir serta evaluasi kegiatan UN4DRR untuk seluruh anggota tim diadakan di Brussels, Belgia 2-6 Mei 2023 dengan host Vrije Universiteit Brussel (VUB). Fokus utama dari pertemuan kali ini adalah penilaian dan evaluasi program dan kursus/training yang telah dilakukan dan dikembangkan khususnya dalam pengembangan (modernized) kurikulum terkait kebencanaan pada universitas mitra IOR.

Pada hari pertama, 2 Mei 2023, Tim IPB mempresentasikan seluruh kegiatan yang telah dilakukan serta presentasi program akademik yaitu pengembangan mata kuliah melalui modernisasi kurikulum terutama terkait penajaman learning outcome untuk 9 mata kuliah. yang diusulkan Pada kesempatan ini, 4 mata kuliah dipresentasikan oleh 4 orang delegasi yaitu: Prof. Dr. Widiatmaka, Prof. Lina Karlinasari, Prof. Suria Darma Tarigan, dan Dr. Yudi Setiawan, yang kemudian diikuti dengan sesi tanya jawab, dan menerima umpan balik dari panel evaluasi yang mewakili profesor EU, institut mitra IOR, dan evaluator eksternal.

Selain itu, tim IPB pada hari terakhir, 6 Mei 2023, melakukan presentasi platform media sosial the glocal network (https://theglocal.network/) yang dikembangkan dengan dukungan proyek UN4DRR sebagai wadah komunikasi dan interaksi berbagai hal terkait isu kebencanaan dan inisiasi serta koordinasi proyek UN4DRR. Secara umum rangkaian program dan aktifitas dari proyek UN4DRR telah memberikan kontribusi penting bagi internasionalisasi PSL IPB terutama terkait pengambangan fasilitas (smart class room, dan penyediaan beberapa alat terkait GIS), penjamanan materi kuliah, serta penyelenggaraan seminar internasional.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan kunjungan ke Parlemen Eropa serta diskusi inisiasi program erasmus selanjutnya mengingat proyek ini akan berkahir pada tahun 2023, dengan pertemuan terakhir di mitra IOR yaitu Srilangka.

https://theglocal.network/

https://www.un4drr.com/

https://ipb.ac.id/news/index/2023/05/psl-ipb-university-hadiri-technical-training-dan-monitoring-kegiatan-un4drr-di-brussels-belgia/12ea0247bcc240eb40415c02fd303396