Fieldtrip Prodi Magister PSL 2023 ke Banten dan Lampung, 5-7 Mei 2023

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Magister Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL) Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University melakukan kunjungan lapang ke Banten dan Lampung pada tanggal 5-7 Mei 2023. Kuliah lapang atau field trip ini diikuti sebanyak 53 mahasiswa program magister, 6 dosen dan 3 tenaga kependidikan (tendik) PSL IPB University.

Adapun objek yang dikunjungi selama pelaksanaan kuliah lapang adalah kunjungan di wilayah Banten dengan objek Krakatau Tirta Indah (KTI), Mesjid Agung Banten, dan Keraton Kaibon. Sementara itu untuk Lampung mengunjungi Intsitut Teknologi Sumatra (ITERA), Pulau Pasaran, dan Ekowisata Hutan Mangrove Petengoran. Dalam kuliah lapang ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman yang cukup banyak dari lapangan dan menghubungkan dengan teori di kelas terkaitu tata kelola sumber daya alam dan lingkungan.

Dalam kunjungan ke ITERA, Dr Muhammad Saddam Ali selaku Koordinator Prodi Arsitektur Lanskap Itera menjelaskan Pusat Observatorium, salah satu objek kunjungan mahasiswa S2 PSL IPB University di Itera. Dikenal sebagai Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL), tempat ini menyediakan edukasi wisata astronomi sebagai satu program unggulan. “Tujuannya adalah untuk mengenalkan masyarakat tentang ilmu astronomi secara impresif dan menyenangkan,” terang lulusan S3 PSL IPB IPB University ini. Dr Saddam menambahkan, ITERA memiliki tujuh embung yang dinamakan sesuai abjad dan salah satunya terdapat monumen berbentuk pulau Sumatera. Kampus ini juga memiliki Kebun Raya Itera yang berdiri di atas lahan seluas 75.52 hektare. Di dalamnya sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung konservasi tumbuhan, seperti rumah kaca pembibitan, paranet pembibitan dan gudang pembibitan. “Harapannya ke depan, Itera dapat berkolaborasi dengan IPB University, terutama dengan Prodi PSL yang merupakan prodi multidisiplin dalam kajian lingkungan. Diharapkan saling mendukung dan juga dapat berkolaborasi dalam penelitian kegiatan penelitian,” jelas Dr Saddam yang juga lulusan S1 dan S2 dari Arsitektur Lanskap IPB University

Kunjungan ke pulau Pasaran yang terletak di Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung ini merupakan bagian dari rangkaian dari kegiatan kuliah lapang. Pulau Pasaran ini menarik untuk menjadi destinasi field trip mahasiswa S2 PSL IPB University. Pulau yang semula hanya memiliki luas 4 hektare, dalam belasan tahun sudah menjadi 14 hektare karena dilakukan reklamasi mandiri. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan pengolah ikan. Sebagian besar dari mereka adalah keluarga nelayan yang berasal dari Indramayu dan Cirebon. Pekerjaan rumah kita adalah bagaimana dapat melibatkan seluruh masyarakat untuk pengelolaan sampah dan limbah yang ada di Pulau Pasaran, supaya mereka merasa memiliki dan bertanggungjawab. Sampah bukan hanya tugas seseorang tetapi semua yang berkontribusi. Karenanya, perlu ada kolaborasi antara pemerintah, universitas dan masyarakat.

Kunjungan ke Hutan Mangrove Petengoran, Kabupaten Pesawaran, Lampung untuk mengetahui tentang pengelolaan hutan mangrove berbasis masyarakat di objek ekowisata Petengoran. Selain itu, juga untuk menggali pengetahuan tradisional serta kearifan lokal terkait dengan kelestarian, keserasian dan keseimbangan ekosistem yang meliputi lingkungan bio-fisik, sosial-budaya dan ekonomi. Diharapkan mahasiswa dapat memahami ekosistem mangrove termasuk spesies, fungsi biologi, fungsi ekologis serta fungsi lainnya. Dari kegiatan ini, diharapkan mahasiswa juga dapat memahami ecosystem services, professional services, regulating services, supporting services serta cultural services. 

Kunjungan ke Krakatau Tirta Indah