Prodi S2 PSL melalukan inisiasi kerjasama pendidikan dan penelitian dengan Belanda, 4-11 Juni 2023

Dalam rangka internasionalisasi Program Studi S2 PSL-IPB, maka perlu dilakukan berbagai inisiasi program internasional yang selama ini masih terbatas dilakukan. Untuk keperluan inisasi program internasional baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian maka perlu dilakukan kunjungan kerja ke Belanda. Terdapat banyak universitas bertaraf internasional yang ada di Belanda yang memiliki kaitan erat dalam bidang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan seperti Maastricht University , Wageningen University, dan Utrecht University. Selain itu perlu juga mencari peluang untuk menjalin kolaborasi penelitian dengan para diaspora Indonesia yang ada di Belanda.

Pada tahun 2022, PS Magister PSL telah menerima kunjungan perwakilan dari Maastricht School of Management – Maastricht University (MSM). Oleh sebab itu, dipandang perlu dilakukan kunjungan kerja untuk membicarakan lebih lanjut tentang rencana kolaborasi kerjasama pendidikan maupun penelitian antara PS Magister PSL dengan Maastricht School of Management – Maastricht University (MSM). Disamping itu, kegiatan ini juga menjadi ajang promosi PS Magister PSL untuk mencari peluang kerjasama pendikan dan penelitian dengan Wageningen University, Utrecht University, Diaspora (Peneliti Indonesia), dan Venlo Campus di Belanda.

Kunjungan kerja tersebut dilakukan pada tanggal 4-11 Juni 2023 yang diikuti oleh Ketua Prodi S2 PSL, Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin ; Sekretaris Prodi S2 PSL, Dr. Syartinilia ; Prof. Dr. Anas Miftah Fauzi; Prof. Dr. Damayanti Buchori yang juga menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Sains Keberlanjutan dan Transdisiplin, IPB. Dalam kunjungan tersebut didapatkan beberapa kesepakatan tindak lanjut kerjasama baik untuk bidang pendidikan seperti guest lecture, joint supervision, joint research dan inisiasi kerjasama penelitian. Berikut adalah dokumentasi selama kunjungan kerja tersebut.