Gandeng BRI, ECOLOGICA PSL IPB adakan perayaan HUT RI Dari PESISIR (16-18 Agustuis 2023)

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Pengeolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan  (PSL) IPB University (ECOLOGICA) mengadakan aksi sosial dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 78. Kegiatan ini melibatkan sebanyak  21 perwakilan mahasiswa magister dan doktor Prodi PSL IPB university dan dilaksanakan pada 16 hingga 18 Agustus 2023 di kelurahan Pulau Tidung, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Berlangsungnya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI). Septa Riadi, selaku humas kegiatan menyampaikan bahwa Agenda diawali dengan pelaksanaan sosialisasi pentingnya sumberdaya peisisr seperti padang lamun, mangrove dan terumbu karang yang dilaksanakan di SMKN 61 Jakarta yang diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa. Selain itu, dilaksanakan lomba ranking 1 bertema Pelestarian Lingkungan bagi Siswa SMPN 241 Jakarta yang berlangsung meriah. Bersamaan dilaksanakanya lomba mewarnai bagi siswa SDN Pulau Tidung 03 Pagi dengan tema Lingkungan Pantai dimana para siswa SD dapat mengekspresikan karya seni mereka melalui gambar dan warna.

Dalam mengenang bangsa Indonesia sebaga Bangsa Bahari, Ecologica PSL IPB melakukan Upacara Perayaan HUT RI di pantai Pulau Tidung Kecil yang diikuti oleh seluruh peserta dengan hikmat. Setelah upacara selesai, peserta melanjutkan kegiatan dengan menanam pohon mangrove sebanyak 500 batang. Hal ini bertujuan mempertahankan garis pantai dari abrasi gelombang laut. Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan aksi bersih-bersih pantai. Puluhan karung sampah terisi dengan berbagai jenis sampah baik yang berasal dari pengunjung maupun yang terbawa oleh arus laut. Sementara aksi bersih pantai berlangsung, sebagian peserta yang lain melakukan pemetaan sumberdaya di sekeliling pulau tidung kecil terutama ekosistem padang lamun, ekosistem mangrove dan jenis fauna yang ada di pulau tidung terutama burung. Pemetaan ini akan membantu para pengambil kebijakan untuk menentukan kelestarian Pulau Tidung di masa mendatang.

Ketua Ecologica IPB University, Gde Oka Widiyavedanta menyatakan “kegitan ini merupakan wujud bakti mahasiswa PSL terhadap ibu pertiwi dalam rangka Merayakan HUT RI ke 78, juga pengamalan Tri Dharma perguruan tinggi dan visi misi Ecologica. Dalam kesempatan yang sama Oka mengharapkan bisa membawa dampak postif bagi masyarakat Pulau Tidung dan para wisatawan serta pengunjung”. Sedangkan ketua pelaksana kegiatan, Ishlahul Fikri berharap kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin bagi kepengurusan Ecologica tahun berikutnya. Akhir kata, mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada Seameo Biotrop untuk kolaborasi kegiatan ini serta para sponsor, dinas KPKP DKI Jakarta, PT Aneka Tambang, Maritim Muda Nusantara dan PT Agro Apis Palacio.