Kuliah dan Praktik Lapang Mahasiswa Program Doktor – PS PSL IPB ke Solo, 16-18 November 2023

Program Doktor  pada Program Studi Ilmu Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSL), Sekolah Pascasarjana (SPs) IPB University melaksanakan kuliah lapang sebagai bagian dari praktik mata kuliah untuk implementasi teori yang telah diberikan untuk pengelolaan sumberdaya alam dan linglkungan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari (17-19/11) di Solo dengan tujuan kunjungan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Balai Pengelolaah Daerah Aliran Sungai Solo, Bendung Karet Tirtonadi, Masjib Syeikh Zayed, Rumah Atsiri dan Kawasan wisata “The Lawu Park”. Kegiatan ini diikuti 31 mahasiswa, 7 dosen pengajar dan 2 tenaga kependidikan (Tendik).

Ketua Prodi Doktor PSL SPs IPB University Prof Widiatmaka menyampaikan bahwa saat ini proses pembelajaran di ruang kuliah tidak cukup memadai terutama dalam melihat kondisi nyata dan menemukan kasus di lapangan. Hal ini sangat penting mengingat pada program Doktor diharapkan mahasiswa dapat memahami, menganalisis, mengevaluasi, hingga memberikan solusi terbaik dan berkelanjutan terhadap suatu permasalahan berbasis kajian ilmiah dari teori yang telah diterima. Pada akhirnya kegiatan kuliah lapangan diharapkan dapat menjadi bekal dalam penyelesaian tugas akhirnya.

“Lingkup dari kegiatan kuliah lapang ini meliputi kajian sesuai dengan mata kuliah prodi doktor PSL, meliputi kebijakan dan manajemen lingkungan, valuasi ekonomi dan pengelolaan keanekaragaman hayati dan ekowisata,” ujarnya.

Prof Widiatmakan menambahkan bahwa kuliah lapang ini juga merupakan kegiatan integrasi lintas mata kuliah kebijakan pengelolaan dan kelembagaan PSDAL berkelanjutan, mata kuliah metode hibrit pengelolaan dan valuasi PSDAL serta mata kuliah disain dan kompleksitas sains dalam PSDAL, “Kegiatan ini dapat diwujudkan dengan melihat langsung ke daerah atau tempat yang telah mengimplementasikan PSDAL dan lingkungan yang berkelanjutan,” tambahnya.

Prof Widiatmaka menjelaskan bahwa hasil dari kuliah lapang ini selain pengetahuan ke dalam komponen mata kuliah juga merupakan bagian untuk memperkuat kapasitas mahasiswa dan dosen Prodi Doktor PSL SPs IPB University, “Kuliah lapang ini dapat menjadi lesson learned dan best practices dalam evaluasi pengelolaan permasalahan lingkungan dan solusi yang terjadi di masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi ajang promosi Pogram Doktor PSL SPs IPB University ke berbagai instansi di l daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Prof Lina Karlinasari, Sekretaris Program Doktor PSL SPs IPB University menjelaskan lingkup dari kuliah lapang ini adalah kunjungan ke daerah-daerah setempat yang memiliki issue pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan. Selanjutnya mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah di lapangan yang ada dan melakukan diskusi secara intensif terhadap temuan kegiatan di lapangan. Kemudian dilakukan presentasi hasil dari kegiatan kuliah lapang tersebut. “Tujuan dari kuliah lapang ini yang pertama adalah melakukan implementasi teori dan praktik terkait PSDAL di lapangan. Yang kedua untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan yang berkelanjutan; dan yang ketiga meningkatkan keakraban antara dosen, mahasiswa dan tendik di Prodi Doktor PSL SPs IPB University,” ungkapnya